Wednesday, October 14, 2015

Perawatan Jambu Kristal

Perawatan Jambu Kristal

Jambu kristal merupakan tanaman unggul yang dapat berbuah setiap saat (tidak kenal musim). Karena itu perlunya perawatan yang tepat dan optimal untuk mendukung hal tersebut. Jambu kristal sudah dapat mulai berbuah pada umur 6 bulan setelah tanam dan sudah bisa dipanen pada bulan 9 sampai bulan 12.
Untuk dapat panen sepanjang tahun Jambu kristal membutuhkanperawatan yang optimal, diantaranya yaitu : Pemupukan dengan dosis dan waktu yang tepat, pemangkasan rutin, dan pengairan yang baik.

Mari kita bahas satu persatu.

Pemupukan dengan dosis dan waktu yang tepat

INPUT=OUTPUT. Apa artinya? jika makanan (Unsur Hara) yang dimasukkan ke tanaman optimal, maka hasilnya pun akan optimal. Optimal bukan berarti kelebihan, karena jika berlebihan juga akan menyebabkan masalah.
Pemupukan dilakukan 4 bulan sekali dengan menggunakan pupuk kandang (sebaiknya kambing).
Kemudian pemupukan anorganik dengan menggunakan NPK dan KCL. Untuk NPK bisa dilakukan 1 bulan 1 kali saat tanaman umur 0-2 tahun dengan dosis 100 gram per pohon.
Untuk KCL bida diberikan lk 50 gram pertanaman saat muncul bunga.
Untuk menambah Joss, bisa ditambahakan pupuk Daun seperti Gandasil D dan B rutin perbulan.

Perlu diingat!!! bahwa pemupukan harus di sesuaikan dengan kondisi tanah, jadi lebih baik kenali kondisi tanah dahulu sebelum melakukan pemupukan yaah ...

Pemangkasan Rutin

Tanaman jambu sangat dominan terhadap oertumbuhan pucuk, sehingga perlu adanya pengalihan fokus unsur hara untuk memunculkan bunga. Dengan cara apa? yaah dengan pangkas ini.
Pemangkasan dapat dilakukan pada bulan ke 6 setelah tanam. Selain memunculkn bunga, pemangkasan juga dilakukan untuk memperbaiki postur tanaman, jadi terlihat elegan dan keren.
Cabang Liar Jambu Kristal
Cabang Liar Jambu Kristal

Cabang aerial jambu kristal
Cabang aerial Jambu kristal


Pengairan yang baik

Lebih dari 90% tubuh tanaman merupakan air. Lebih dari 90% siklus kimia dalam tubuh btanaman perlu air. JAdi dengan pengairan yang baik jambu kristal akan melakukan proses hidup dengan lebih optimal. Tapi harus diingat!!! pengairan tidak boleh terlalu banyak karena akan menyebabkan busuk akar.


Terima kasih...



For more info klik Contact us

1 comment:

  1. knapa jambu saya setiap berbuah barujuga sebesar kelereng buahnya udah hitam dan busuk.

    ReplyDelete